Sekarang ini kita mulai sering mendengar istilah "Anak Berkebutuhan Khusus". Sebenarnya apakah yang disebut dengan Anak Berkebutuhan Khusus itu ? Berikut ini beberapa informasi singkat tentang apa yang dimaksud dengan Anak Berkebutuhan Khusus atau Anak luar Biasa.
- Menurut Batasan Para Ahli, Anak Berkebutuhan Khusus atau Anak Luar Biasa adalah anak yang secara signifikan berbeda dalam beberapa dimensi yang penting dari fungsi kemanusiaannya. Mereka yang secara fisik, psikologis, kognitif, atau sosial terhambat dalam mencapai tujuan-tujuan/kebutuhan dan potensinya secara maksimal, meliputi mereka yang tidak bisa mendengar, tidak bisa melihat, mempunyai gangguan bicara, cacat tubuh, retardasi mental, gangguan emosional. Juga anak-anak yang berbakat dengan intelegensi tinggi, dapat dikategorikan sebagai anak khusus/luar biasa, karena memerlukan penanganan yang terlatih dari tenaga profesional (Suran dan Rizzo, 1979).
- Frieda Mangunsong dalam buku "Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus", 2009:4 Anak Berkebutuhan Khusus atau Anak Luar Biasa adalah anak yang menyimpang dari rata-rata anak normal dalam hal; ciri-ciri mental, kemampuan-kemampuan sensorik, fisik dan neuromaskular, perilaku sosial dan emosional, kemampuan berkomunikasi, maupun kombinasi dua atau lebih dari hal-hal diatas; sejauh ia memerlukan modifikasi dari tugas-tugas sekolah, metode belajar atau pelayanan terkait lainnya, yang ditujukan untuk pengembangan potensi atau kapasitasnya secara maksimal.
- Menurut Wikipedia, Anak berkebutuhan khusus (Heward) adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Yang termasuk kedalam ABK antara lain: tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, kesulitan belajar, gangguan prilaku, anak berbakat, anak dengan gangguan kesehatan.
Sebenarnya pengertian tentang Anak Berkebutuhan Khusus banyak kita jumpai...namun, untuk lebih mudahnya...kita bisa memahaminya dengan memperhatikan bahwa ada yang "berbeda" antara anak tersebut dengan anak-anak lain seusianya.Entah itu "berbeda" karena kekurangannya atau kelebihannya. Namun, meskipun berbeda, anak-anak ini harus mendapatkan hak yang sama....agar mereka tetap bisa berkembang maksimal sesuai dengan potensi yang telah dimilikinya.
Tuhan menciptakan manusia bergitu banyak....mungkin akan butuh waktu yang sangat lama dan cara yang rumit untuk menghitung dengan benar berapa jumlah seluruh manusia di dunia ini. Tapi ada satu hal yang harus kita yakini bahwa "Setiap manusia adalah unik...spesial...tak pernah ada yang sama". Keunikan nya inilah yang menjadi potensi luar biasa yang akan menjadi hal besar jika dikembangkan dengan tepat.
Mari menyayangi mereka...bukan hanya karena mereka adalah anak kita, anak yang harus kita ajari, atau anak yang kebetulan kita temukan. Tapi menyayangi mereka dengan tulus...karena meskipun mereka membutuhkan hal khusus dalam penanganan atau tumbuh kembangnya, namun mereka tetaplah punya hak yang sama seperti yang lain.
Bagaimana cara kita membantunya ? Salah satu cara awal yang bisa kita lakukan adalah dengan banyak membaca tentang ABK. Selain itu kita juga bisa berkonsultasi dengan para ahli, misalnya Psikolog, Psikiater atau Guru-Guru di Sekolah Luar Biasa. Setelah berkonsultasi...kita akan diberitahu bagaimana cara membatu anak-anak ABK atau kita juga bisa meminta untuk bantuan terapinya. Hal lain yang lebih penting lagi adalah memberikan kesempatan yang sama dengan yang lain. Misalnya dengan mengikutkan mereka dalam kompetisi-kompetisi yang mereka bisa lakukan meskipun cara nya berbeda dengan anak-anak normal lainnya serta memberikan kesempatan peluang kerja yang sama kelak ketika mereka telah dewasa.
No comments:
Post a Comment